blog-img
14/04/2019

Jangan Takut Berbuat Salah

Pengembangan Kualitas

Greet Leader 
Di saaat sesi pelatihan saya menganjurkan peserta memperkenalkan diri masing-Masing didepan semua peserta, ternyata ada peserta yang benar-benar tidak berani maju kedepan untuk memperkenalkan dirinya.
Saat saya tanya kenapa dia tidak berani maju kedepan ? jawabnya singkat, dia hanya takut salah ucapan, bahasa yang bisa ditertawakan oleh temen-temennya. 
Sering saya berjumpa dengan orang yang takut berbuat salah, 
mari kita coba lebih berfikir jernih sejenak, lalu jawab pertanyaan dibawah ini ….
Apakah dengan ditertawakan kita terlihat orang bodoh ?
Apakah dengan ditertawakan kita terlihat orang yang tidak bisa ?
Apakah dengan ditertawakan karir kita akan berakhir ?
Apakah dengan ditertawakan orang akan pergi dan meninggalkan presentasi kita ?
Apakah dengan ditertawakan kita akan jatuh miskin ?
Apakah dengan ditertawakan mereka akan membenci kita ?

Saya teringat dengan lirik lagu th 70’ yang berjudul “Hidup adalah panggung sandiwara” , bukankah didalam sandiwara ada tangis, tawa dsb, inilah kehidupan, tetapi kenapa kita harus takut dikecewakan, ditertawakan atau tidak dihargai saat berbuat kesalahan.
Berapa kali albert einsten berbuat kesalahan, berapa kali penemu bohlam berbuat kesalahan, tentunya kesalahan merupakan guru yang paling mahal, bagiamana tidak dengan membuat kesalahan berarti kita telah melakukan sesuatu dari pada tidak pernah berbuat kesalahan dan tidak berbuat apa-apa.
 
Dalam dunia kerja selalu saya tekankan pentingnya sebuah perubahan dan jangan takut berbuat salah, mereka yang sudah nyaman dalam comfort zone kerjanya, lama kelamaan mereka akan tergeser oleh yang lain. Bisnis, perdagangan dan cara kerja terus berubah menyesuaikan tren  dan merekalah yang terus berubah dan bekerja lebih efektif yang memenangkan sandiwara ini.


“kesalahan adalah guru yang baik dan keberhasilan adalah murid yang selalu belajar dari gurunya “

Yayan – consultant officer HCSI

Populer